Get me outta here!

Saturday, February 27, 2016

Peluang Usaha Menjadi Dropshipper


Berjualan Tanpa Resiko Dengan Menjadi “ Dropshipper”
Dimana, “Dropshipper” itu artinya “berjualan tanpa mengenal stok”. Lalu ketika seseoran mengorder produk dari kita, kemudian kita mengajukan orderan tersebut kepada pihak ketiga. Dan merekalah yang langsung mengirimkan barangnya atas nama kita.

Keuntungan menjadi “Dropshipper” :
1.      Tidak butuh banyak modal untuk memulai.
2.      Tidak butuh stok (stok juga berarti biaya).
3.      Bisa dilakukan dari mana saja.

Tapi meskipun demikian, ada juga kelemahannya :
1.      Margin keuntungan lebih kecil.
2.      Tidak bisa memonitor stok di pihak ketiga.
3.      Kualitas tidak terkontrol.
Melihat keuntungan dan kerugiannya, menjadi dropshipper tetap merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk memulai berbisnis, terutama berbisnis online.

Produk-produk dropshipper bisa juga ditemukan melaui :
·       Subforum ini di Kaskus
·       Cakning.com
·       Search di Goegle dengan menggunakan kata kunci “dropship[nama produk}”. Kata dropship bisa coba diganti menjadi distributor, reseller, atau supplier.
·       Order langsung dari penjual lain.



Tips Menjadi Dropshipper

1.     Beli terlebih dahulu beberapa produknya sebelum mulai menjual kepada konsumen kita, supaya kita sendiri tahu kualitasnya.

Bagi kebanyakan orang, dropshipper dianggap sebagai usaha rumahan sampingan yang bisa dilakukan sembari beraktivitas kerja lainnya. Masyarakat luas juga menganggap bahwa bisnis dropsipper ini belum bisa dijadikan sebagai penghasilan utama lantaran sistem kerjanya hanya menjual gambar saja di berbagai via social media yang ada saat ini, seperti : facebook, twitter, instagram, dll sebagainya.

Padahal, menjual produk di internet itu tidak mebedakan anatara orang yang mempunyai produk ataupun yang tidak, semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan secara online.

Alasan mengapa bisnis dropshipper ini masih menjadi “usaha samPingan” lantaran skema bisnis ini hanya dijadikan batu loncatan, terutama bagi karyawan yang ingin memiliki usaha utama namun diawali dengan modal yang kecil. Memang benar, untuk menjadi dropshipper tidak butuh modal banyak untuk biaya operasional, berbeda jika menjual secara nyata dengan mendirikan toko ataupun berjualan dipinggir jalan.

2.        Berhenti bekerja (Resign)

Jika ingin menjadikan usaha dropshipper ini sebagai penghasilan utama, maka kita kita harus keluar dari pekerjaan nyaman yang kita jalani. Karna beruntung  jika kita memulainya dari penggangguran, karena kita tidak punya pilihan, tetapi justru nasib malang bagi kita yang saat ini masih menjadikannya sebagai usaha sampingan selepas kerja dari kantor.

Mau jadi penghasila utam bagaimana kalau kita sendiri masih punya penghasilan tetap perbulan ?
Dikatakan sebagai penghasilan utama jika itu satu-satunya pendapatan kita. Selain itu, manfaat yang bisa kita rasakan dari resign yakni kita punya waktu luang yang lebih untuk mempelajari teknik marketing terbaru yang sekiranya bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk dari supplier.

3.        Jangan Andalkan Media Gratisan

Jika saat ini kita masih menggunakan media gratisan untuk memasarkan produk dari supplier, maka saatnya untuk beralih ke yang berbayar. Tinggalkan secara perlahan-lahan situs jual beli listing semacam : olx atau berniaga, forum jual beli, facebook dengan menambahkan teman yang tidak kita kenaldan mungkin tidak tertarik sama sekali dengan produk kita atau menggunakan instagram yang jelas-jelas bukan tempat jualan.

Boleh memakai media gratisan namun yang sekiranya tepat unuk berjualan, contohnya : marketplace semacam tokopedia, lamido, dll. Berbeda dengan situs jual beli, situs marketplace melindungi pihak penjual dan pembeli akan transaksi penipuan karena situs marketplace menyediakan sistem rekening bersama gratis bagi kedua belah pihak, sedangkan situs jual beli hanya bersifat menampilkan ilan kita dalam kurun waktu yang singkat.

Jika ingin menggunakan media facebook, maka gunakanlah iklan berbayar, bangun komunitas tentang produk kita, sehingga mereka pembeli akan loyal terhadap produk kita. Selain itu, buatlah toko online sendiri untuk investasi jangka panjang. Kita tidak ingin bukan mendadak kaya dari situs jual belilisting (olx, berniaga) dalam waktu singkat setelah itu jatuh tertimpa lagi lantaran kita tidak bisa beriklan di situs tersebut.



4.        Belajar Marketing

Menjual produk secara online tidak semudah yang kita bayangkan karena kita dihadapkan dengan mesin. Dengan berbagai respon dari para calon konsumen dari yang kita perjualbelikan. Maka dari, belajar tentang bagaimana berjualan ya ung dapat menarik calon konsumen harus kita pelajari secara detail pula.



Itulah, tips-tips dalam menjadi dropshipper yang sukses bagi kita, jika kita serius bukan hal mustahil kita akan mendapatkan profit jutaan rupiah meskipun tidak punya barang di rumah. Dengan resign dari kantor, kita punya waktu luang untuk mengevaluasi langkah-langkah yang kita lakukan sebelumnya dan punya waktu yang lebih banyak untuk mengetahui dunia marketing masa kini yang bisa dijadikan modal tak ternilai untuk menembus rimba bisnis online.









0 comments:

Post a Comment